HYBRID COMPANY MODEL - CARA MENANG DI ERA DIGITAL YANG DISRUPTIF

Digitalisasi telah menyuguhkan aneka disrupsi yang menggoyang kemapanan banyak perusahaan, baik mereka yang berskala kecil, menengah, maupun besar. Pandemi COVID-19 membuat banyak perusahaan kian menggantungkan diri pada digitalisasi. Sayangnya, banyak pemain yang kewalahan maupun bingung dalam mendongkrak performa kinerja inovasi di lingkungan yang disruptif.

Buku ini menawarkan satu resep praktis yang bernama Hybrid Company Model. Model ini mengusung empat elemen utama, yakni kapabilitas dinamis, kewirausahaan strategis, orkestrasi aset, dan inovasi kolaboratif. Melalui model ini, inovasi dan digitalisasi tidak akan salah arah, berjalan efektif, sekaligus membantu perusahaan untuk tumbuh dan berkembang di lingkungan yang penuh ketidakpastian. 

Cikal bakal buku ini adalah penelitian Doktoral Manajemen Strategis yang penulis lakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Disertasi berjudul “Enhanching Innovation Performance in Disruptive Environtment through Strategic Enterpreneurship Process” ini merupakan hasil tiga tahun Indra Utoyo melakukan penelitian ini. Melalui proses re-write dengan gaya populer dan kaya dengan pengalaman serta data, buku ini makin berbobot karena diperkaya dari sisi observasi dan pelaksanaan ketika penulis meniti karier di dua BUMN terbesar di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Menurut Avanti Fontana, Ph.D. Dosen Strategi dan Manajemen Inovasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang juga promotor penulis buku yang tertuang dalam pengantar buku ini, melalui penelitiannya ini Indra Utoyo menawarkan perspektif sistematis untuk memahami fenomena lapangan lingkungan disruptif dewasa ini dan perspektif proaktivitas untuk meresponsnya. Menurut Avanti, perusahaan yang telah mapan harus segera bertransformasi dengan melakukan berbagai inovasi prioritas strategis secepat mungkin. Perusahaan baru atau rintisan perlu lincah menggalang kolaborasi strategis dengan perusahaan mapan, dan sebaliknya. Perusahaan mapan rela menggalang kolaborasi dengan perusahaan baru, guna menciptakan keunggulan daya kolaborasi.

Bagaimana perusahaan dan para pemimpin memulai dan mengelolanya? Inilah salah satu bagian cerita yang diulas dalam buku ini, yang juga difasilitasi oleh pengalaman akumulatif Penulis dan secara khusus dikristalisasi dalam proses penelitian doktoral Penulis.

Buku ini sangat cocok disimak dan diaksikan tidak saja oleh pemimpin dan pengelola serta warga perusahaan mapan yang kerap mengalami tantangan atau kendala dalam menjalankan transformasi melalui berbagai inisiatif inovasi, tetapi juga oleh perusahaan baru atau bisnis rintisan yang sedang gencar dan menggeliat serius membangun budaya inovasi dalam organisasi dan antar-organisasi.

Buku ini makin relevan karena tidak hanya memberikan panduan atau pegangan prinsipiil, tetapi juga menyajikan sejumlah studi kasus dari dalam dan luar negeri, dengan Dr. Indra Utoyo sebagai inisiator, pemikir dan/atau eksekutor strategis jalannya transformasi melalui rute-rute inovasi yang kontekstual dengan paradigma kerja sama kolaboratif hibrid.

Sementara dalam sambutan buku ini, Sunarso, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Mengemukakan “Gagasan dalam buku ini merupakan strategi utama yang kami praktikkan selama ini dalam melakukan transformasi digital di Bank BRI. Ini merupakan sumbangan penulis yang konkret bagi Bank BRI sekaligus yang ingin ia bagikan untuk perusahaan-perusahaan mapan lain yang ingin meningkatkan performa inovasinya di lingkungan bisnis yang disruptif dan tidak pasti. Lebih dari sekadar konsep, buku ini juga menawarkan kiat praktis yang disertai praktik nyata dari perusahaan-perusahaan kelas dunia yang sukses melakukan transformasi di lingkungan yang tidak pasti dan tak jarang terkena turbulensi.”

Jumat, 18 September 2020

Detail Buku

IDR 140.000,00

  • ISBN :
    978-602-5834-65-3
  • Jumlah Halaman :
    xxxviii + 236 Halaman
  • Genre :
    Ilmiah
  • Tahun Terbit :
    2020
Play Store Google Book Beli Buku

Tentang Penulis

Indra Utoyo

INDRA UTOYO adalah sosok yang menaruh perhatian besar pada dunia inovasi dan transformasi digital di Indonesia. Pria yang kini dipercaya menjabat sebagai Managing Director Digital, IT & Operation PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. ini telah melanglang buana di berbagai BUMN atau anak usahanya. Sebelum berlabuh di BRI, Indra menduduki posis...