25 Tahun Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny. R.A. Habibie

gallery-item

DESKRIPSI BUKU

Pengobatan dengan cara hemodialisis (cuci darah) untuk pasien gagal ginjal terminal (GGT) di Jawa Barat sudah dimulai sejak tahun 1984. Teknik pengobatan yang belum berkembang dengan baik serta keterbatasan jumlah mesin hemodialisis pada saat itu menyebabkan mahalnya biaya peng-obatan sehingga banyak pasien GGT meninggal dunia tanpa pernah mendapatkan kesempatan memperoleh perawatan de-ngan cara ini.

Hal itu tidak luput dari perhatian Ny. Sri Redjeki Chasa-nah Soedarsono, seorang ibu yang mendedikasikan hidupnya dalam bidang sosial. Kelahiran Parepare, 8 Oktober 1939 ini memiliki kepedulian yang tinggi kepada kaum yang kurang beruntung, seperti penyandang tunanetra, orang jompo, anak telantar, dan anak cacat. Meski kegiatan sosialnya begitu menyita waktu dan perhatiannya, bersama suami Mayjen (Purn) Soedarsono (alm.), anak keenam (dari delapan bersaudara) pasangan A.A. Habibie dan R.A. Habibie ini sukses mendi-dik anak-anaknya untuk menjadi insan yang berguna bagi masyarakat dan negara.

Di sisi lain, adalah seorang pria kelahiran Garut, 4 Januari 1938, yang lulus dari Fakultas Kedokteran Unpad tahun 1965 bernama Prof. Dr. H. Enday Sukandar, Sp.PD-KGH. Ketertarikannya pada ilmu penyakit dalam membawanya terus menggeluti bidang tersebut dan akhirnya gelar internis (spesialis penyakit dalam) diraihnya tahun 1972. Karena dedikasinya yang tinggi terhadap dunia pendidikan, beliau pun dikukuhkan sebagai Guru Besar di FK Unpad tahun 2002. Ide-ide dan penemuannya di bidang penyakit dalam banyak dituangkan di dalam berbagai tulisan dan sering menjadi pedoman ilmu kedokteran, khususnya di bidang penyakit ginjal dan hipertensi. Seperti halnya Ibu Sri Soedarsono, dalam rangka mengatasi permasalahan hemodialisis di Bandung dan Jawa Barat, Prof. Enday yang saat itu menjabat ketua tim praktisi medis untuk penyakit ginjal atau tim nefrologi, mengutus salah seorang anggotanya untuk mempelajari teknik pengobatan hemodialisis di Belanda.

Judul Buku     : 25 Tahun Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny. R.A. Habibie

Penulis            : Salim Shahab & Maulana Yudiman

Ukuran            : 14×21

Halaman          : 112

Cetakan 1       : Agustus 2013

ISBN                : 978-602-14081-1-7