gallery-item

DESKRIPSI BUKU

Profesi dokter, dari dulu, hingga saat ini masih dianggap sebagai profesi yang ‘terhormat’. Jika saat ini jumlah kampus yang membuka fakultas kedokteran relatif banyak, sehingga semakin mudah dan banyak orang untuk bisa menjadi dokter, tentu berbeda dengan yang terjadi 40-50 tahun silam. Tak heran, kalau saat itu, mereka yang menyandang gelar dokter, ‘diikat’ oleh pemerintah, baik sebagai PNS maupun dokter militer untuk mengabdikan diri di bidang kesehatan.

Satu diantara dokter yang lulus pada periode itu adalah, Dr. H. Abdul Radjak, DSOG, seorang putera betawi asli yang sebelum menginjakkan kakinya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengikuti program program pertukaran pelajar American Field Service (AFS). Radjak muda yang baru lulus dari bangku SMA dan masih ‘lugu’ harus meninggalkan betawi dan hidup bersama sebuah keluarga yang berbeda agama, kultur, bahasa, dan negara. Keluarga itu bernama Cox. Sebuah keluarga menengah Amerika yang tinggal di Noblesville, Indiana, sebuah kota kecil yang saat itu berpenduduk sebanyak 7.000-an orang. Sekarang kota tersebut berpenduduk sekitar 52.000 orang. Disana, selama 1 tahun, Radjak  sekolah bersama salah seorang anak Cox yang bernama David. Karena nama Radjak susah di lidah mereka, dia pun dipanggil Jack.

Kehidupan selama hidup 1 (satu) tahun di AS, membuat Radjak ‘berubah’. Ketika dia kuliah di FK UI  pun budaya AS ia bawa. Ia kritis di kampus. Bahasa Inggris-nya yang fasih, dimana saat itu masih relatif ‘langka’, menjadikan ia relatif mudah dan cepat memahami materi, khususnya dalam melahap bahan-bahan pelajaran.

Dan seperti dokter yang lain, lulus dari FK, Radjak pun harus mengabdi sebagai PNS di Departemen Kesehatan. Budaya PNS yang ‘mengekang’ menjadikan ia sering berontak. Namun, disisi lain, institusinya membutuhkan Radjak, khususnya ketika ada atau menghadiri forum-forum internasional. Tentu karena Radjak mampu mengawinkan kemampuan kedokteran/kesehatan dan bahasa Inggris.
 

Judul Buku: Beyond the Limits – Menembus Batas Profesi Dokter
Penulis: Dr. H. Abdul Radjak, DSOG
Penerbit: Rayyana Komunikasindo
Hal: XXX + 348 hal
Terbit : Agustus  2013
ISBN : 978-602-14081-2-4
Harga: Rp. 85.000