gallery-item

DESKRIPSI BUKU

Buku ini menjabarkan secara detail bagaimana solusi dan petunjuk teknis penanggulangan medik dan kesehatan dalam situasi kegawatdaruratan dan bencana. Hal yang dibahas mulai dari apa itu bencana, faktor penyebab bencana dan prinsip-prinsip penanganannya serta risiko-risiko medisnya, bagaimana melakukan penanganan di tempat kejadian sebelum tenaga medis tiba, penangan di dalam ambulans, penanganan di rumah sakit, sistem manajemen Unit Gawat Darurat, evakuasi, penanganan korban pasca bencana, menangani pengungsi, pendidikan penanganan kegawatdarurtan dan bencana, dan lain-lain.

Bahkan dibahas juga bagaimana sistem di rumah sakit harus dibangun sehingga ketika bencana terjadi dan banyak korban masuk ke rumah sakit, rumah sakit bersangkutan tidak kelebihan beban sehingga pasien-pasien sebelumnya tetap mendapat layanan dengan semestinya sementara korban bencana bisa ditangani dengan baik. Karena rinci, buku ini jadi cukup tebal (610 halaman), dan itu menjadikan buku ini sangat bernilai bagi yang memilikinya.

Judul buku: Kegawatdaruratan dan Bencana – Solusi dan Petunjuk Teknis. Penanggulangan Medik & Kesehatan.

Penulis buku: Prof. DR. Dr. Aryono D. Pusponegoro, Sp.B.-KBD/Trauma dan Dr. Achmad Sujudi, Sp.B., MHA.

Editor: Salim Shahab dan Den Setiawan

Penerbit: Rayyana Komunikasindo, Jakarta

Cetakan: I – Oktober 2016

ISBN: 978-602-70792-8-1

Jumlah Halaman: 610

Kata Sambutan:  Wakil Presiden Republik Indonesia; Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Kepala Badan Nasional Penangulangan Bencana

Harga: Rp. 199.000