Jenderal Polisi (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si.

Jenderal Polisi (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. lahir di Solo, 12 Desember 1959. Ia meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Trisakti dengan predikat summa cum laude pada 2018. Setelah lulus dari pendidikan menengah, ia melanjutkan pendidikan di Akabri Bagian Kepolisian dan lulus pada 1983. Pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian diikutinya pada 1986. Pada 1998, ia mengikuti pendidikan pengembangan di Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (lulus peringkat pertama). Selanjutnya, ia  mengikuti pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional pada 2005 (lulus peringkat pertama). Beberapa pendidikan kejuruan juga pernah ia ikuti, seperti Pendidikan Brigade Mobil, Pendidikan Lanjutan Registrasi dan Identifikasi Lalu Lintas, Pendidikan Perwira Senior Penyidik Reserse, dan Kursus Jabatan Kapolres.

Sepanjang kariernya di Polri, Budi Gunawan selalu menempati posisi strategis. Di antaranya, Kasat Lantas Polwiltabes Bandung, Kapolresta Bogor, Ajudan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ajudan Presiden Republik Indonesia, Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri, Kepala Sekolah Lanjutan Perwira Lemdiklat Polri, Kapolda Jambi, Kadiv Pembinaan Hukum Polri, Kadiv Profesi dan Pengamanan Polri, Kapolda Bali, Kepala Lembaga Pendidikan Polri, dan Wakil Kapolri. Posisi strategis yang masih dijabat hingga saat ini adalah Kepala Badan Intelijen Negara, sekaligus Guru Besar dalam Bidang Ilmu Intelijen Studi Strategis Kajian Keamanan Nasional Bidang Siber di Sekolah Tinggi Intelijen Negara.

Budi Gunawan menerima 22 tanda jasa, yaitu: Satya Lencana (SL) Bintang Bhayangkara Pratama, SL Bintang Bhayangkara Nararya, SL Kesetiaan 24 Tahun, SL Kesetiaan 16 Tahun, SL Kesetiaan 8 Tahun, SL Jana Utama, SL Ksatria Bhayangkara, SL Karya Bhakti, SL Bhakti Pendidikan, SL Bhakti Bhuana, SL Bhakti Nusa, SL Dharma Nusa, SL Operasi Kepolisian, SL Bhakti Purna, SL Bhakti Sosial, SL Wira Siaga, SL Wirakarya, SL GOM VII, SL GOM IX, SL Dwidya Sistha, SL Kesetiaan Tamtama, dan Seroja.

Buku-buku karya Budi Gunawan yang telah diterbitkan, di antaranya: Kiat Sukses Polisi Masa Depan (2006); Koloni Keadilan (kumpulan analisis di majalah Forum) (2006); Terorisme: Mitos dan Konspirasi (2006); Kebohongan di Dunia Maya (2018); Demokrasi di Era Post Truth (2021), dan Medsos di Antara Dua Kutub (2021). Sejumlah tulisannya juga dimuat di beberapa majalah dan surat kabar, seperti Gatra, Forum, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Kompas, dan Sindo.

Buku-Buku Jenderal Polisi (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si.

MEDSOS DI ANTARA DUA KUTUB

Jumlah Halaman : XII + 242
Harga : IDR 100.000,00